Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah untuk Mewujudkan Perpustakaan Standar Nasional.
Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangkalan di Gedung Perpustakaan Umum, Jl. RA. Kartini No. 1 Bangkalan (Selasa 03/11/2020) yang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kearsipan Jawa Timur.
Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya petugas perpustakaan sekolah dasar di Kabupaten Bangkalan.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, H. Moch. Musleh, SH., MH, menyampaikan “Dengan bimtek ini nantinya diharapkan tenaga perpustakaan di Bangkalan dapat mengelola perpustakaan secara baik dan benar, sehingga diharapkan memenuhi standar nasional perpustakaan sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional No. 10 dan 11 Tahun 2017, sehingga perpustakaan sebagai sumber informasi bagi siswa akan berjalan dengan baik dan tentunya akan berpengaruh terhadap meningkatnya budaya baca siswa”
Bimtek yang dilaksanakan selama satu hari ini, diikuti oleh para petugas perpustakaan sekolah SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Bangkalan serta jajaran pejabat Dispusip yang nantinya akan menjadi narasumber dalam pelaksanaan kegiatan BIN PusBanG (Pembinaan Perpustakaan Bangkalan). Adapun narasumber didatangkan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Ibu Dra. Titi Asrining Wijati, MM dan Sri Rahayu A, S.Sos, MM, dengan materi yang disampaikan meliputi standar nasional perpustakaan yakni koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaaan serta komponen penguat.
Diharapkan hasil bimtek ini mampu diimplementasikan secara baik oleh tenaga perpustakaan sekolah, sehingga terwujud perpustakaan sekolah yang ideal sesuai standar nasional perpustakaan.